Kajian Ilmu : Tourism System



            Tourism System merupakan suatu system yang terjadi siklus pariwisata, didalamnya terdapat elemen-elemen yang membentuk alur yang saling berhubungan.
Pada dasarnya, Tourism System Model memiliki tiga elemen utama yaitu:
  1. Tourist Generating Region(Daerah Asal Wisatawan)
  2. Tourist Destination Region(Daerah Tujuan Wisatawan)
  3. Transit Route Region(Daerah Transit) 
Definisi dari ke tiga elemen di atas adalah sebagai berikut :
Tourist Generating Region : Daerah asal wisatawan merupakan tempat dimana terjadinya proses, dorongan (Pull Factor) dimana sebuah daerah TGR harus mampu membangkitkan rasa untuk membuat wisatawan melakukan perjalanan, keluar dari negara atau daerah asalnya.
Tourist Destination Region : Daerah tujuan wisatawan merupakan daerah dimana terjadinya proses penarik(Pull Factor) dimana wisatawan yang keluar dari negaranya, dicoba untuk ditarik, menuju suatu negara atau daerah destinasi tertentu. Daerah ini juga digambarkan sebagai akhir tujuan dari kegiatan pariwisata. “ faktor penarik” untuk mengunjungi daerah tujuan wisata juga memberikan energi bagi sistem pariwisata dan menghasilakan permintaan untuk perjalanan di daerah asal.
Transit Route Region           : Daerah/rute-rute yang dilalui daerah transit tidak hanya mempersembahkan periode pendek perjalanan sebelum mencapai tujuan, tagi juga dapat menjadi tujuan selanjutnya dari sebuah perjalanan. Selalu terdapat interval di dalam sebuah perjalanan disaat wisatawan merasakan mereka telah meninggalkan Negara asalnya, tetapi tidak dapat segera tiba.

Bagian atau Elemen Tourism System.
Tourism System, terdiri dari beberapa elemen-elemen yang dihubungkan oleh penghubung (link) yang membuat elemen satu dengan lainnya, saling berhubungan. Ada 4 bagian yaitu :
Bagian 1: Menjelaskan tentang proses aliran dari, perencanaan suatu destinasi, pengembangan dan pengawasan destinasi itu sendiri.
Bagian  2: Pemasaran, dimana di dalam proses ini, pelaku(Pariwisata) menentukan strategi pemasaran, perencanaan pemasaran, promosi dan distribusi, termasuk juga didalamnya proses penentuan terhadap pangsa pasar atau konsumen, agar pelaku pariwisata, mampu menentukan jenis promosi atau distribusi yang tepat.
Bagian 3: Permintaan atau demand, adalah faktor yang mempengaruhi pasar, pasar permintaan terjadi, disebabkan oleh stimulasi antara, kebutuhan, motivasi dan juga pengaruh baik dari luar maupun dari dalam.
Bagian   4:  Travel atau perjalanan, di elemen ini, dijelaskan mengenai karakteristik dari perjalanan, pendeskripsian dari segmen utama perjalanan, aliran perjalanan, serta mode transportasi yang digunakan.


Hubungan Antar Elemen
Ke empat elemen di atas saling berhubungan, yang dihubungkan oleh penghubung(link). Dari bagian 1 menuju bagian 2 dihubungkan oleh link, yang disebut The Tourism Product yang menggambarkan aliran proses perencanaan suatu destinasi, lengkap dengan pengembangan dan pengawasannya,dimana nantinya hal tersebut akan mempengaruhi proses pemasaran yang berada pada bagian 2, hal itu disebabkan proses pemasaran selalu terkait dengan jenis destinasi apa yang tersedia, sehingga di dalam pemasaran dapat tepat sasaran, sesuai dengan segmentasi pasar yang berminat. Begitu juga sebaliknya, dimana pengembangan suatu destinasi selalu mengacu pada pangsa pasar yang ada.
Dari bagian 2 menuju bagian 3, dihubungkan oleh link, yang disebut The Promotion Of Travel yang menggambarkan aliran atau proses promosi dan pemasaran, suatu destinasi yang telah matang lalu dipasarkan, kepada konsumen, proses pemasaran ini juga harus melihat segmentasi pasar, dimana ada begitu banyak, pasar yang terbagi-bagi oleh permintaan(demand) yang berbeda-beda dari konsumen. Begitu juga sebaliknya dengan adanya proses promosi dan pemasaran yang begitu beragam, hal ini juga akan mempengaruhi permintaan wisatawan dan persepsi wisatawan, dimana kita ketahui pasar pariwisata, tidak pernah selalu monoton,  demand adalah hal yang statis dan terus berubah-ubah.
Dari bagian 3 menuju bagian 4 dihubungkan oleh link, yang disebut The Travel Purchase yang menggambarkan aliran dimana, suatu produk wisata setelah melalui proses pemasaran yang sesuai dengan permintaan akhirnya dibeli, dan sang wisatawan melakukan perjalanan.
Dari bagian 4 menuju bagian 1 dihubungkan oleh link, yang disebut The Shape Of Travel yang menggambarkan aliran bentuk perjalanan, dimana disini pun terjadi proses pemilihan mode transportasi, selama berada di destinasi, dan akhirnya destinasi sendiri menjadi akhir dari runutan, aliran yang telah berjalan

Basic Element Of Tourism System 
Sebelum membangun produk pariwisata, akan sangat berguna jika kita juga memahami, bagaimana sistem pariwisata bekerja. Gambar diatas akan menampilakan komponen dasar yang terlibat.
  1. The Consumer : di dalam sistem pariwisata, konsumen merupakan elemen yang terpenting, dimana konsumen merupakan alasan produk pariwisata dan pelayanan tetap ada. Setiap pelaku pariwisata, harus menyadari bahwa, konsumen adalah dasar dari semua bisnis dan keputusan perencanaan.
  2. The Travel Experience : pengalaman selama melakukan perjalanan, berkaitan dengan bagaimana konsumen menuju suatu destinasi, dan pengalaman apa saja yang di dapat. Pilihannya dapat berupa, perjalan udara, mobil, motor, kereta, dll. Mode perjalanan, dapat mempengaruhi tipe dari pengalaman yang dirasakan(contoh: perjalanan menggunakan pesawat, tentu akan menghasilkan pengalaman yang berbeda dengan perjalanan dengan berkendara menggunakan mobil atau motor). Destinasi juga dapat menderita kerugian jika moda transportasi yang ada, dirasa kurang dan tidak memenuhi standar, disamping itu isu, mengenai fasilitas dan atraksi yang ada, termasuk kualitas jalan juga turut mempengaruhi(Aksesibilitas)
  3. The Holiday Experience : Ketika konsumen memilih untuk mengambil jenis liburan tertentu, hal tersebut juga disertai oleh harapan mengenai pengalaman yang akan mereka dapatkan. Pengalaman ini berkaitan dengan akomodasi, pelayanan, dan harga. Kepuasan mereka akan diukur dengan apa yang mereka dapatkan dengan apa yang diharapkan.
  4. Pemasaran, mengacu pada suatu proses, yang mencakup kegiatan seperti : riset pasar, riset tehadap konsumen dan produk, mengevaluasi data. Termasuk juga mengembangkan bisnis dan produk serta kemampuan pribadi. Disamping itu promosi juga merupakan bagian dari proses pemasaran, promosi dapat dilakukan melalu, media cetak, elektronik.
Pemasaran juga harus memasukkan unsur 4P yaitu: Product, price, place dan promotion.

(Admin)

sumber : edutour.eu
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HMPI MEDIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger